PERTEMUAN RUTIN ANGGOTA KOMUNITAS BELAJAR T.E.A.M SD BUKIT ASAM
- Diposting oleh : SD Bukit Asam
- pada tanggal : Maret 01, 2022
- Pelaksanaan : Setiap Jum'at
- Waktu : 14.00 - 16.00 WIB
- Lokasi : SD Bukit Asam
Pertemuan rutin anggota komunitas belajar
setiap satu minggu sekali, bertujuan untuk untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan
pengajaran melalui kolaborasi dan pembelajaran bersama antara pendidik. Aspek
yang dikaji dalam komunitas belajar SD Bukit Asam Tanjung Enim antara lain
-
Review
KOSP : Kegiatan ini mencakup
peninjauan terhadap Kurikulum Sekolah dan Pedoman (KOSP) yang digunakan dalam
proses pembelajaran. Anggota komunitas akan mengevaluasi sejauh mana KOSP
mencerminkan kebutuhan dan perkembangan terbaru dalam pendidikan. Mereka akan
mencari cara untuk mengintegrasikan KOSP ke dalam RPP dan Modul Ajar dengan
lebih efektif. Poin ini penting untuk memastikan bahwa pendidikan di sekolah
selaras dengan standar dan pedoman yang ada.
-
Review
RPP dan Modul Ajar: Dalam komunitas belajar, anggota akan berkumpul untuk
meninjau dan memeriksa Rencana Pembelajaran (RPP) dan Modul Ajar yang telah
disiapkan. Mereka akan memastikan bahwa RPP dan Modul Ajar tersebut sesuai
dengan kebutuhan peserta didik dan memenuhi standar kualitas pembelajaran. Poin
ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas materi pembelajaran.
-
Review
Bahan Ajar: Pada poin ini, anggota komunitas belajar akan mengevaluasi
materi ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Mereka akan memastikan
bahwa materi tersebut relevan, mutakhir, dan sesuai dengan kebutuhan peserta
didik.
-
Review
Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): Komunitas belajar akan
mengulas alur atau langkah-langkah yang diperlukan untuk Penguatan Profil
Pelajar Pancasila (P5). Ini termasuk pemahaman tentang apa yang ingin dicapai
oleh peserta didik dan bagaimana langkah-langkah kegiatan P5 dapat membantu meningkatkan
Profil Pelajar Pancasila
-
Praktik
Baik: Anggota komunitas akan berbagi pengalaman positif dalam mengajar
dan mengelola kelas. Ini dapat mencakup strategi pembelajaran yang efektif,
cara mengatasi tantangan kelas, dan ide-ide kreatif dalam proses pembelajaran.
-
Pembelajaran
Berdiferensiasi: Pada poin ini, komunitas belajar akan membahas bagaimana
mereka dapat mengadaptasi pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan beragam
peserta didik. Ini termasuk cara mengajar untuk siswa dengan gaya belajar yang
berbeda atau tingkat kemampuan yang beragam.
-
PMM
dan Aksi Nyata: Anggota komunitas belajar akan merencanakan tindakan nyata
(aksi) berdasarkan hasil diskusi dan perencanaan dalam pertemuan mereka. Mereka
akan memastikan bahwa rencana pembelajaran dapat diimplementasikan secara
efektif dalam kelas.